DISLOKASI PANGGUL KONGENITAL PDF

Congenital hip dislocation (CHD) is a condition where the head of the femur moves out of the socket of the pelvic bone. A child with CHD can be detected. Asma (Anak) · Gangguan Spektrum Autistik (Anak) · Penyakit Paru-paru Kronik · Kaki pekuk · Kolik (Bayi) · Dislokasi Panggul Kongenital · Batuk & Pilek · Diare. Congenital Hip Dislocation / Developmental Dislocation of Hip / Dislokasi Panggul Kongenital Congenital Hip Dislocation / Developmental.

Author: Vora Gusho
Country: Trinidad & Tobago
Language: English (Spanish)
Genre: Art
Published (Last): 4 May 2015
Pages: 160
PDF File Size: 9.72 Mb
ePub File Size: 14.6 Mb
ISBN: 948-8-27332-682-8
Downloads: 77721
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Mikataxe

Perawatan harus dimulai segera setelah diagnosa ditegakkan, dan keberhasilannya tergantung pada penempatan kepala femur kedalam acetabulum dan mempertahankan hubungan seperti ini sampai persendian pangkal paha menjadi stabil. Sehingga terapi pun akan semakin sukar. Bila terdapat dislokasi sendi panggul maka akan terasa kepala femur terdorong keluar dari asetabulum.

Diduga etiologi congenital dislocation of the hip adalah 1 Muskular type yang disebabkan karena pertumbuhan otot-otot dari sendi pangkal paha yang tidak sehat, sehingga menyebabkan keluarnya caput femoris dari acetabulum; 2 Osseus type, disebabkan karena acetabulum tidak tumbuh sehat sehingga caput femoralis tidak dapat tahan di dalam acetabulum.

Faktor genetik pasti mempunyai dialokasi dalam etiologi, karena dislokasi kongenital cenderung terjadi pada keluarga dan bahkan pada seluruh populasi. Congenital dislocation of the hip terjadi dengan kejadian 1,5 per 1. Pemeriksaan Radiologi Pemeriksaan biasanya agak sulit dilakukan karena pusat osifikasi sendi baru tampak pada bayi umur 3 bulan atau lebih sehingga pemeriksaan ini hanya bermanfaat pada umur 6 bulan atau lebih.

Sonography in congenital dislocation of the hip Documents. Dislokasi sangat banyak terjadi pada orang Lapps dan Indian Amerika Utara yang menggendong bayinya dan membawanya dengan kaki disatukan, pangkal paha dan lutut sepenuhnya ekstensi, dan jarang terjadi pada orang Cina Selatan dan Negro Afrika yang menggendong bayi mereka pannggul tungkai abduksi lebar.

  INTREBARI SI TESTE PENTRU OBTINEREA PERMISULUI DE CONDUCERE AUTO PDF

Terdapat tiga persendian yaitu dua articulatio sacroiliaca dan shympisis pubis.

Congenital Dislocation of the Hip

Keempat jari pemeriksa memegang bagian belakang tungkai bawah dengan ibu jari di depan. Biasanya pada waktu lahir pangkal paha sepenuhnya stabil dan bertahan pada fleksi parsial.

Pengantar Ilmu Bedah Orthopedi. Faktor hormonal misalnya konsentrasi estrogen maternal yang tinggi, juga progesteron dan relaxin dalam beberapa minggu terakhir kehamilan dapat memperburuk kekendoran ligamentum pada bayi tersebut. Congenital Dislocation of the Hip.

Di atas condylus terdapat epicondylus lateralis dan medialis. Penemuan-penemuan ini merupakan manifestasi dari kelemahan sendi dan tidak stabilnya caput femoral dan asetabulum.

Congenital Dislocation of the Hip Ppt Documents. Kepala femur yang kongenltal tulang rawan ukurannya normal tetapi nukleus yang berupa tulang timbulnya terlambat dan osifikasinya tertunda disepanjang masa bayi. Kedua condylus ikut membentuk articulatio genu. Late diagnosed congenital dislocation of the hip Documents. Congenital dislocation of the hip joint Documents.

Jika bayi menangis atau kejang maka gambaran fisik ini akan terlihat. Membuat pangkal paha tidak dapat bergerak dalam posisi abduksi yang ekstrim atau dipaksakan atau rotasi internal mungkin merupakan penyebab paling penting nekrosis avaskuler kepala femur.

Tuberculum adductorium berhubungan langsung dengan epicondylus medialis. Diagnosis yang kongenjtal tergantung dari pengenalan gambaran fisik dari dislokasi panggul kongenital pada neonatus.

Permukaan anterior condylus dihubungkan oleh permukaan sendi untuk patella. Dalam keadaan berbaring dan lutut dilipat, kedua lutut seharusnya sama tinggi. Congenital Dislocation of the Hip Download Report. Ultrasound Pemeriksaan ultrasound pada bayi-bayi dilakukan untuk menggantikan pencitraan panggul dengan foto rontgen.

Superior labrum asetabulum dan tepi kapsulernya mungkin terdorong kedalam socket oleh kepala femur yang mengalami dislokasi, limbus fibrokartilago ini mungkin merintangi setiap upaya reduksi tertutup pada kepala femur. Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara.

Keadaan ddislokasi yang terdapat pada dislokasi panggul kongenital tersebut akan semain berat setelah longenital dapat berjalan. Pada dislokasi panggul bawaan, bila terdengar bunyi klik ketika trochanter mayor ditekan maka hal ini menandakan adanya reduksi dislokasi yang disebut uji Ortolani positifGambar skematis uji Ortolani: Pada saatnya, otot disekitar akan beradaptasi dengan memperpendek diri.

  G104SN03 V5 PDF

Selama masa bayi, sejumlah perubahan berkembang, sebagian perubahan tersebut mungkin merupakan displasia primer pada acetabulum, dan atau femur proksimal, tetapi sebagian terjadi karena adaptasi terhadap instabilitas persisten dan karena penyambungan persendian yang abnormal.

SIRS | Dashboard

Dislokasi kongenital adalah suatu fase spektrum instabilitas pangkal paha pada bayi baru lahir. Tujuan terapi adalah mencapai mempertahankan reduksi konsentris dari dislokasi panggul, tanpa komplikasi nekrosis avaskular. Muskular type yang disebabkan karena pertumbuhan otot-otot dari sendi pangkal paha yang tidak sehat, sehingga menyebabkan keluarnya caput femoris dari acetabulum; Osseus type, disebabkan karena acetabulum tidak tumbuh sehat sehingga caput femoralis tidak dapat tahan di dalam acetabulum3 Faktor genetik pasti mempunyai peran dalam etiologi, karena dislokasi kongenital cenderung terjadi pada keluarga.

Bagian caput merupakan lebih kurang dua pertiga bola dan berartikulasi dengan acetabulum dari os coxae membentuk articulatio coxae. Femur difleksikan kemudian panggup hati-hati digeser kearah midline. Sebagian suplai darah untuk caput femoris dihantarkan sepanjang ligamen ini dan memasuki tulang pada fovea. Setelah itu femur didorong kearah posterior secara perlahan. Congenital Dislocation of the Hip Documents. Pada bayi baru lahir, asetabulum dan kaput femoris dihubungkan oleh tulang rawan, dislookasi pada foto polos biasa tidak terlihat.

Sendi panggul di fleksikan 90 derajat kemudian di abduksi secara hati-hati. Apleys System dislokas Orthopaedics and Fractures.

Juga ada bukti eksperimental bahwa ekstensi pangkal paha dan lutut secara simultan pangvul dislokasi pangkal paha selama perkembangan dini. Pada pusat caput terdapat lekukan kecil yang disebut fovea capitis, yaitu tempat perlekatan ligamentum dari caput.

Author: admin